Content writing, pada dasarnya, adalah seni dan keterampilan menuliskan informasi dengan cara yang menarik dan relevan. Konten bisa berupa artikel blog, posting media sosial, atau deskripsi produk. Jadi, penting untuk memahami struktur tulisan, gaya penulisan, dan kebutuhan pembaca.
Apa pekerjaan content writing? Seorang content writer akan membuat konten seperti yang diminta oleh klien berupa artikel, social media post maupun landing page pada sebuah website. Isi artikel berupa informasi maupun edukasi mengenai suatu merk dan produk tertentu.
Konten yang dibuat tersebut akan memberikan pengaruh cukup penting bagi aktivitas digital marketing, diantaranya yaitu :
1. Meningkatkan SEO
Apa itu content writing tidak dapat dipisahkan dari SEO atau Search Engine Optimization. Apa itu SEO? SEO adalah suatu teknik yang dipakai untuk membuat konten tertentu tampil pada halaman utama mesin pencarian. Dengan ditampilkannya situs pada halaman pertama mesin telusur maka orang menjadi lebih mudah menemukannya dan kemungkinan besar akan membukanya. Pengguna internet akan mengetikkan kata kunci tertentu ketika mencari sesuatu di mesin pencarian. Semua konten, baik berupa teks, gambar ataupun video yang mengandung kata kunci tersebut akan ditampilkan sebagai hasil pencarian. Namun, hanya konten yang memiliki SEO tinggi yang ditampilkan pada halaman utama.
2. Meningkatkan Trafik Website
Apa keuntungannya jika suatu konten atau website memiliki SEO yang bagus? Konten yang SEO friendly mempunyai peluang lebih besar untuk tampil pada halaman utama mesin pencarian seperti Google. Apa keuntungannya jika konten tampil pada halaman utama? Konten ataupun website yang tampil di halaman utama Google jauh lebih besar kemungkinannya untuk dikunjungi oleh pengguna internet. Dengan begitu maka trafik audiens pada website tersebut juga meningkat. Jika sebuah konten promosi trafik audiensnya bagus maka itu sangat membantu dalam digital marketing. Trafik audiens yang tinggi secara tidak langsung menciptakan calon konsumen yang potensial dimasa depan bagi produk ataupun brand dalam jangka panjang.